rotatesnake

rotatesnake
pantai BeduL,,,Banyuwangi city_

Minggu, 09 Oktober 2011

Tugas Mutu Pelayanan Kebidanan



Tugas Mutu Pelayanan Kebidanan
Dosen: Zahrul Azhar




Dewasa ini, keberadaan bidan praktik swasta atau yang sekarang lebih popular dengan Bidan praktik mandiri semakin menjamur, Bidan praktik mandiri sebgai unit tempat pelayanan kesehatan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar untuk memenuhi kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Demikian juga dengan upaya pemberian pelayanan kebidanan dirumah merupakan bagian integral dari upaya pelayanan kesehatan, dan secara langsung akan memberi konstribusi dalam peningkatan midwifery quality.
Bertambahnya minat masyarakat terhadap pendidikan tentang kesehatan terutama pada program kebidanan menjadikan persaingan di dunia kebidanan semakin ketat,selain itu banyak yang mengaggap bahwa investasi di bidang kesehatan adalah bisnis  yang menggiurkan sehingga keberadaan institusi kesehatan pun semakin bertambah. Hal tersebut menyebabkan keberadaan bidan semakin banyak, terbukti dengan semakin bertambahnya prosentase tenaga bidan yang dikeluarkan  oleh setiap institusi diberbagai kota tiap tahunnya.sehingga persaingan di lahan pun semakin ketat ,Untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal, banyak syarat yang harus dipenuhi, syarat yang dimaksud mencakup delapan hal pokok yakni: tersedia (available), wajar (appropriate), berkesinambungan (continue), dapat diterima (acceptable), dapat dicapai (accesible), dapat dijangkau (affordable), efisien (efficient) serta bermutu (quality).
Oleh karena itu , mungkin ada beberapa trik yang sekiranya bisa menjadikan BPM kita lain daripada yang lain tanpa mengurangi profesionalisme kerja ,serta  dapat mengutamakan pelayanan dan kepuasan  pasien.
-       Mengubah pola dari 5S menjadi 6S, senyum ,salam , sopan , santun, salim ,dan sentuh. Pola yang sebelumnya 5S menjadi 6S ini ditambah dengan sentuh mempunyai beberapa alasan. Sebagaimana ungkapan pembeli adalah raja, maka kita bisa mengganti dengan format klien adalah raja. Klien adalah sahabat kita , dengan menyentuh klien kita bisa mendekatkan diri terhadap klien,  klien bisa merasakan kita bukanlah orang asing di mata mereka, kita bisa menjadi sahabat klien, sehingga klien tidak merasa sungkan mengeluarkan uneg-unegnya.
-       Membangun area praktik dengan lingkungan yang bersih, nyaman dan indah. Seperti menambahkan berbagai macam mainan anak-anak di halaman tempat praktik sehingga anak-anak yang biasanya ikut ibunya kerumah bidan bisa memanfaatkan keberadaan mainan ini, ataupun balita yang sakit tidak terlalu takut untuk diajak berobat kerumah bidan karena selain bisa bermain juga bisa berobat, atau istilah kerennya “Bermain sambil berobat “.
-       Mengutamakan pelayanan dan kepuasan pasien, pasien yang datang diberi kartu pelanggan dan kalau sudah ada 10 kali kunjungan bisa gratis satu kali kunjungan.
-       Memberi televisi dan Koran/majalah/buku buku bacaan diruang tunggu pasien, untuk mengurangi rasa jenuh pasien yang menunggu ataupun anggota keluarga yang menunngu diruang tunggu pasien.
-       Tidak membebani klien dengan tariff yang tinggi,( tariff standar) atau mungkin bisa dipotong 50% untuk klien yang keadaan ekonominya kurang.
-       Menyediakan tempat shalat/musholla kecil , untuk memudahkan  pasien atau keluarga pasien melakukan shalat .
Mungkin beberapa trik diatas bisa memecahkan problem yang dialami oleh BPM ,sehingga kedepannya BPM bisa memberikan pelayanan kebidanan yang optimal dan professional.
Because I have been working optimally, I would like to get a special value ^_^ (college student)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar